logo

Sosialisasi Pencegahan Stunting , DPR RI – BKKBN Senam Nusantara Bersama Warga Cirebon

IMG-20231130-WA0308

November 30, 2023

MLH.co.id (Cirebon)-Pencegahan dan penanggulangan Stunting merupakan salah satu program prioritas yang dilaksanakan BKKBN RI. Hal ini dilakukan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang dimulai sejak dini.

Upaya mencegah stunting tidak hanya dilakukan oleh BKKBN dan DPR RI namun juga berbagai komponen masyarakat dengan mengambil peran untuk melakukan upaya pencegahan stunting.

Seperti kegiatan Senam Cegah Stunting yang diinisiasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiani.

Senam Cegah Stunting merupakan salah satu media sosialisasi kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan menekan angka Stunting di Cirebon. Acara tersebut dilaksanakan di Lapangan Garuda Desa Tegal Wangi, Kec. Weru, Kab. Cirebon, Sabtu, 25 November 2023.

Tampak hadir anggota komisi IX DPR RI Netty Prasetiani, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Angela Sri Melani Winyarti, Kepala Bidang Dinas OPDKB Kab. Cirebon Mona Isabella, Tokoh Masyarakat H. Supriyadi, serta tamu undangan lainnya.

Supriyadi dalam sambutan yang menyampaikan, bahwa BKKBN merupakan mitra kerja penurunan stunting dan pemerintah daerah Indramayu mendukung sepenuhnya program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Lebih jauh Supriyadi mengatakan, stunting di Kabupaten Cirebon mengalami penurunan yang signifikan. Tercatat pada tahun 2019 berada di angka 29,19%, berkat kerja keras semua pihak, pada tahun 2021 turun menjadi 14,4%.

Kabupaten Cirebon menempati peringkat terbaik ke tiga dalam penurunan stunting di Jawa Barat serta mengapresiasi acara ini sebagai bagian dari upaya penurunan angka stunting di Cirebon.

Sementaara anggota komisi IX DPR RI Netty mengakui stunting di Indonesia masih cukup tinggi, mencapai angka 21 persen. Jika stunting tinggi akan menghasilkan generasi yang lemah, sumber daya manusia rendah dan nanti tidak bisa bersaing dengan yang lain, apalagi tenaga asing.

“Stunting itu, bisa dicegah dari keluarga,” Katanya.

Menurut Netty begitu peran anggota keluarga sangat penting, karena segalanya berawal dari keluarga.

“Sehingga jangan pernah memberikan contoh yang tidak baik dari keluarga. Apapun contoh yang diberikan keluarga akan ditiru oleh anak-anaknya,” Ujar Netty.

Selain Senam Cegah Stunting, pada acara tersebut juga diberikan hadiah utama berupa 1 buah sepeda gunung, Dispenser, Kompor Gas, setrika, serta hadiah menarik lainnya.

Selain mendapat hadiah, peserta senam dihibur oleh penampilan artis pantura Cirebon yang bernyanyi membawakan lagu-lagu Tarling khas Cirebon. (Ndi)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Twiiter@