logo

Patok Peserta Rp 25 Juta, FBPD Tamsel Adakan Bintek di Hotel Mewah

IMG-20231218-WA0309

December 18, 2023

MLH.co.id(SUKABUMI) – Puluhan pengurus Badan Permusyawaratan Desa ( BPD)
se Kecamatan Tambun Selatan mendapat bintek selama 2 hari di Sukabumi Jawa Barat.

Sumber MLH.co.id menyebutkan kegiatan bintek BPD tersebut dilaksanakan dari tanggal 18 -19 Desember 2023 di
di Lido Like Resort Hotel,Sukabumi, Jabar.

Untuk kegiatan Bintek BPD tersebut, masing masing Pemerintah Desa di tarif biaya sebesar Rp 25 juta, tercatat di Tambun Selatan terdapat 9 Desa, jika dihitung total untuk kegiatan Bintek tersebut sebesar Rp. 225 juta.

” Bintek Peningkatan Kapasitas BPD Penyelenggaranya Forum BPD Tambun Selatan,” Kata Sumber MLH.co.id.

Hal itu diketahui dari surat bernomor, 04 / FBPD / TBN / XI-2023. Perihal Pemberitahuan Bintek F BPD, berkop surat F BPD Tambun Selatan dan di tandatangani Darju Darmawan namun tidak disertakan surat penawaran dari Event Organizer (EO).

Dalam surat tersebut tertulis kegiatan bintek dilaksanakan dua hari dari tanggal Senin 18 Desember sampai Selasa 19 Desember 2023 bertempat di Lido Like Resort Hotel, Sukabumi, Jawa Barat, dengan biaya Rp 25.000.000 (Duapuluh Lima Juta) setiap desa.

Dari informasi yang dihimpun dari lokasi kegiatan, FBPD Tambun Selatan memboking 37 kamar dengan type deluxe twin sharing.

“Untuk roomnya ada 37 dengan type deluxe twin. Ada 74 pack. Budget @ pack Rp 1 juta. Totalnya Rp 74 juta. Pembayaran pertama Rp 17 juta, kemudian ada masuk lagi 25 juta. Kurangnya Rp 32 juta,” Ujar salah seorang staff hotel.

Terkait Bintek BPD itu, seorang staf desa mengakui tidak mendapatkan surat penawaran dari Even Organizer (EO) sebagai panitia penyelenggara.

“Kagak ada surat dari EO. Harusnya kan ada surat penawaran yang masuk ke desa sebagai dasar administrasi. Inimah cuma surat dari FBPD Tambun, isinya ada acara Bintek biaya Rp 25 juta,” Ujarnya.

Dikonfirmasi Ketua FBPD Tambun Selatan, Darju tidak menampik terkait biaya Rp 25 juta yang dibebankan tiap BPD. Acara ini katanya, sebagai sarana silahturahmi menjelang Pemilu agar tetap menjaga persaudaraan.

“Bintek ini biayanya paling murah, coba cek BPD di kecamatan lainnya pasti biayanya lebih dari ini. Kegiatan ini sebagai Silahturahmi untuk lebih meningkatkan persaudaraan dalam Pemilu tahun depan,” Jelasnya.

Kegiatan BPD Tambun Selatan selama 2 hari di Sukabumi itu turut dihadiri Ketua FBPD Kabupaten Bekasi, Camat Tambun Selatan, Sofian Hadi, ASN dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi.(H.ROSYID)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Twiiter@