logo

Surya Iskandar Raih Penghargaan Wana Lestari 2024

IMG-20240529-WA0313

May 29, 2024

MLH.co.id(Bekasi)- Dinilai berprestasi dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan, seorang aktivis lingkungan asal Kabupaten Bekasi, Surya Iskandar mendapat penghargaan pada Lomba Wana Lestari 2024, kategori terbaik 1 Kader Konservasi Alam (KKA) yang diselenggarakan oleh Cabang Dinas Kehutanan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada acara Pasar Pasisian Leuweung, di Hutan Kota Eduforest Desa Taman Sari Kecamatan Setu, pada Minggu (26/5/2024)lalu. 

Wana Lestari merupakan penilaian prestasi yang dicapai berdasarkan inisiatif dan partisipasi dalam pelaksanaan tugas di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. 

Surya Iskandar menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi yang sudah memberikan pembinaan dalam kegiatan Wana Lestari.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada kami, yang mana penghargaan ini merupakan sebuah komitmen dan sebuah langkah awal untuk mencapai konservasi sesungguhnya. Lebih baik jadi pelita dari pada mengkritisi kegelapan,” Ujar Surya.

Sebagai aktivis lingkungan, Surya Iskandar kerap terlibat mewakili forum-forum lingkungan hidup seperti Save Kali Cikarang, Bambu Foundation, serta Forum Tarum Barat Juara. Selain itu, dirinya juga turut aktif dalam perkumpulan para aktivis lingkungan tingkat provinsi dan nasional.

“Saya aktif juga di perkumpulan para aktivis nasional, terakhir di bulan Agustus lalu saya diundang di Bogor selama 3 hari menghadiri kegiatan bertema Pemuda Sebagai Penggerak Lingkungan di acara Green Peace di bawah naungan KLHK nasional,” Tuturnya.

Penghargaan yang diberikan, kata dia, tak luput dari komitmen dan konsistensinya yang berfokus pada konservasi sungai di Kabupaten Bekasi selama kurang lebih 4 tahun, khususnya di Kalimalang. 

Atas penghargaan yang diraih, Surya berharap semakin berkomitmen dan aktif dalam menjaga lingkungan sehingga kelestarian sungai dapat terjaga dengan baik.

“Ya, yang pasti bagaimana kita ingin membangun kesadaran masyarakat terkait lingkungan hidup, khususnya sungai. Dan kita juga menjalin kolaborasi dan kerjasama dengan banyak stakeholder seperti BBWS, Dinas Kehutanan, Satgas Citarum Harum, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi dan lainnya yang selama ini konsen terhadap sungai,” Ungkapnya.

Sebelumnya, Surya bersama Forum Tarum Barat Juara tengah mencanangkan program green house dan penanaman 1.000 bibit pohon untuk Konservasi Sungai. Saat ini pihaknya sudah menanam sebanyak 600 lebih pohon yang masuk database pada aplikasi terintegrasi.

“Artinya dimana lokasi penanamannya itu sudah terdata oleh aplikasi. Nah, kalau di greenhouse itu saat ini tinggi pohonnya sudah mencapai ketinggian kurang lebih 3 meteran,” terangnya.
Tak hanya itu, selain berhasil meraih Juara Terbaik 1 Lomba Wana Lestari di tingkat Cabang Kehutanan Wilayah 1, Surya Iskandar mampu menorehkan prestasi di tingkat provinsi dengan meraih kategori terbaik ketiga Kader Konservasi Alam (KKA). (Red)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp