logo

HPSN 2022, KOMNAS PPLH LAKSANAKAN PUNGUT DAN PILAH SAMPAH DI DESA CIBATU BEKASI

tmp-cam-662637346456952209

February 28, 2022

MLH.co.id (Bekasi)- Aksi peduli lingkungan dengan melakukan ‘Pungut dan Pilah Sampah’ menjadi salah satu rangkaian kegiatan Komisi Nasional Perlindungan dan Pemanfaatan Lingkungan Hidup ( Komnas PPLH) pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022.

HPSN 2022 ini, Komnas PPLH dilakukan di wilayah Kabupaten Bekasi tepatnya di Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan pada Minggu pagi ,27 Februari 2022.

Aksi tersebut mendapat dukungan  Dinas Lingkungan Hidup Pemda Kabupaten Bekasi, Camat Cikarang Selatan, Kepala Desa, Masyarakat serta Karang Taruna Desa Cibatu.

Selamet Hariyadi, Ketua Pelaksana HPSN 2022 mengatakan kegiatan HPSN 2022 merupakan program Pemerintah melalui KLH dalam upaya mengatasi dan mencegah dampak perubahan iklim yang membutuhkan kontribusi dan kerjasama yang komperhensif dari berbagai pihak, pemerintah , pelaku usaha, institusi non pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.

” Komnas PPLH berupaya menjadi bagian dalam mendukung program pemerintah dalam hal ini sesuai temanya yaitu, Kelola Sampah Kurangi Emisi Bangun Proklim, ” Kata Selamet Haryadi, usai pelaksanaan pungut dan pilah sampah di Desa Cibatu, Minggu pagi ( 27/2).

Pungut dan pilah sampah itu sendiri dilaksanakan dengan menyusuri pinggir jalan raya kalimalang dan sekitarnya.

” Selain pungut dan pilah sampah, kami juga melounching WTP,” tambah Selamet Hariyadi.

Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) adalah sistem atau sarana yang berfungsi untuk mengolah air dari kualitas air baku (influent) terkontaminasi untuk mendapatkan perawatan kualitas air yang diinginkan sesuai standar mutu. WTP yang dibuat Komnas PPLH adalah menghasilkan air yang ramah lingkungan.

” Iya WTP yang kami buat ramah lingkungan,artinya air yang dihasilkan dapat digunakan untuk mengairi tanaman dan kelangsungan ekosistem hewan air seperti ikan dan lain lainnya,” ujar Selamet Haryadi.

Komnas PPLH melengkapi kegiatan HPSN 2022 dengan memberikan puluhan tong sampah kepada masyarakat sekitar Desa Cibatu.

Terkait tong sampah Komnas PPLH, Kepala Desa Cibatu melalui Kepala Dusun 2, H.Marsa mengapresiasi pelaksanaan HPSN di wilayah Cibatu dan mengharapkan sumbangsih pemikiran dan penerapan program lingkungan di wilayahnya khususnya dalam mengatasi persoalan sampah.

” Kami berharap kedepannya program kebersihan lingkungan ini dapat dilakukan di desa kami. Atas nama pemerintah desa Cibatu ucapkan terima kasih buat Komnas PPLH,” kata H.Marsa.( her).

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp