logo

Komnas PPLH DKI Jakarta Resmi Dilantik

tmp-cam-4714703826032756934

August 25, 2022

 

Jajaran pengurus Korwil Komnas PPLH DKI Jakarta berpose bersama usai dilantik, Rabu (24/8)

MLH.co.id ( JAKARTA)- Pengurus Kordinator wilayah Komite Nasional Pengendalian Pemanfaatan Lingkungan Hidup ( Komnas PPLH) DKI Jakarta menyatakan siap menjalankan tugas. Hal itu dikatakan Ketua Koordinator wilayah Komnas PPLH DKI Jakarta, usai dilantik secara resmi oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Komnas PPLH, Drs.Odi Junaedi, Msi, di gedung Kantor KLHK RI pada Rabu 24 Agustus 2022.

” Hari ini tanggal 24 Agustus 2022 adalah peristiwa bersejarah lahirnya Komnas PPLH DKI Jakarta dengan ditandai prosesi pelantikan dan pengukuhan pengurus oleh Ketua Umum Komnas PPLH Pusat, bapak Drs Odi Junaedi, Msi,” Kata Ketua Komnas PPLH DKI Jakarta, R, Ali Juwari, S.sos.

Menyerahan bendera Pataka Komnas PPLH oleh Ketua Umum ,Drs Odi Junaedi, Msi kepada Ketua Korwil DKI, R Ali Juwari

Prosesi pelantikan dan pengukuhan ditandai dengan penyematan pin dan pengalungan ID card anggota serta penyerahan bendera pataka oleh Ketua Umum DPN Komnas PPLH disaksikan perwakilan pemerintah provinsi DKI Jakarta, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Afan Adriansyah Idris ST,Msi, Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Bidang Peran Serta Masyarakat, Edy Mulyanto, S.Sos, Msi dan sejumlah pengurus wilayah Komnas PPLH.

” Usai dilantik kami akan segera melakukan rapat kerja kemudian menjalankan program,” Ujar R.Ali Juwari.

Program tersebut antara lain, mengkampanyekan gerakan tata kelola penanganan atau edukasi sampah kepada masyarakat dari hulu hingga hilir ( sampah rumah tangga, restoran,hotel sampai perkantoran), diantaranya, sampah organik, anoraganik dan B3.

” Kami akan lakukan pemantaun teknis pengangkutannya dari awal hingga akhir sampah ditangani,” Kata R.Ali Juwari.

Lebih jauh Ali Juwari menuturkan memberikan edukasi ramah lingkungan kepada masyarakat dengan menggunakan bungkus sampah plastik bening. Selain itu, membuat kerjasama dengan stakeholder terkait penjadwalan pengangkutan sampah setiap hari.
” Wilayah Jakarta Utara akan kami upayakan sebagai pilot project terkait penanganan sampah dengan baik dan benar,” Tuturnya.

Korwil Komnas PPLH Jakarta juga akan rutin menggelar seminar sebagai upaya sosialisasi, edukasi serta peningkatan kompetensi tata kelola penanganan sampah.

” Dengan adanya Komnas PPLH dan terbentuknya Korwil DKI Jakarta setidaknya ada harapan untuk perbaikan tata kelola penanganan sampah. Seperti yang diamanatkan Ketua Umum Komnas PPLH, yaitu perlu tindakan konkrit dan konsisten dalam upaya pelestarian alam lingkungan dilakukan Korwil Komnas PPLH DKI Jakarta,” Tukas R.Ali Juwari.

Korwil Komnas DKI Jakarta akan bertugas untuk masa periode 2022 – 2027, dharapkan selama tugas tersebut  dapat merealisasikan programnya dalam pelestarian lingkungan dan bermanfaat untuk masyarakat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp