logo

Resmikan PLTS, Pj Bupati Bekasi Dorong Penggunaan Energi Terbarukan

20230814_125419

August 14, 2023

MLH.co.id (BEKASI)– PT. Bina Bangun Wibawa Mukti membangun pembangkit listrik tenaga surya ( PLTS ) di Desa Kedung Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. PLTS berkapasitas 50 KWP ini sebagai pendorong energi terbarukan.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS) yang di bangun PT.BBWM

Hal itu dikatakan Pj Bupati Bekasi H. Dani Ramdan usai meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tersebut pada Sabtu (12/08).

” Saya berharap, dengan portofolio yang sudah ditunjukkan PT. BBWM membangun PLTS ini, bisa menunjukkan kepada investor lain, dunia usaha dan industri, untuk bisa menjalin kerjasama dengan BBWM membangun instalasi PLTS di Kabupaten Bekasi, dan mendorong penggunaan energi yang terbarukan,” Kata Pj Bupati Bekasi H.Dani Ramdan.

PLTS tersebut dapat membantu mengurangi beban biaya untuk bahan bakar dan maintenance di PT. BBWM sebesar Rp 200 juta per bulan.

“Mudah-mudahan ini bisa menginspirasi dan memotivasi para pengusaha dan industriawan lainnya di Kabupaten Bekasi, untuk bergeser ke PLTS dan bekerja sama dengan BBWM,” Kata Pj Bupati Bekasi, H.Dani Ramdan.

Menurut Dani Ramdan PLTS tersebut, bisa dijadikan tonggak sejarah, era baru bergesernya energi fosil ke energi terbarukan yakni tenaga surya.

Dirinya juga berharap, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) digunakan di Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi.

“Jadi nanti, sebagian tenaga listrik di perkantoran Pemda Kabupaten Bekasi beralih ke tenaga surya,” Tandasnya.

Sementara , Direktur Utama PT. BBWM, Prananto Sukodjatmoko mengatakan, PLTS tersebut sebagai upaya mendukung komitmen pemerintah dalam mengurangi emisi CO2 (Net Zero Emission). Selain itu, PLTS yang pertama dibangun di Kabupaten Bekasi tersebut, untuk efisiensi penggunaan bahan bakar gas di PT. BBWM.

“Pembangunan PLTS ini juga dalam rangka mendukung Peraturan Pemerintah yang mengharuskan tahun 2025 sudah tercapai energi baru terbarukan sebesar 23 persen,” terangnya.(Dwi)
 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Twiiter@